Jumat, 09 Desember 2011

REFLEKSI DIRI (Part2)

Refkelsi Part 2
Lanjutan Refleksi kemarin. Ini merupakan hasil yang saya terima ketika teman-teman melakukan presentasi dari makalah mereka.

Kelompok 3 "Cahaya dan Suhu"
Cahaya  penting sebagai sumber energi utama bagi ekosistem. Tiga  penting yang erat kaitannya dengan sistem ekologi tumbuhan , yaitu: Kualitas cahaya, Intensitas cahaya, dan Lama penyinaran. 


Peranan cahaya bagi tumbuhan meliputi :
*Fotoperodisme : fase perkembangan tumbuhan dipengaruhi oleh lama penyinaran  yang dapat merangsang pembungaan
*Fotoenergetic : pertumbuhan yang dipengaruhi oleh banyaknya energy yang diserap dari sinar matahari oleh bagian tanaman.
*Fotodestruktif : Tingginya intensitas cahaya yang mengakibatkan fotosintesis semakin tidak bertambah lagi dikarenakan tanaman mengalami batas titik jenuh cahaya sehinggasifatnya merusak.
*Fototropism : penyinaran yang terjadi sebagai wujud  perangsangan penyebaran yang berbeda.

Ada empat penerima cahaya dalam tumbuhan,yaitu :  Fitokrom, Kriptokrom, Penerima cahaya UV-B, dan Protoklorofilida. Tumbuhan memilki kemampuan untuk beradaptasi secara anatomi  dan fisiologis yang berfungsi untuk perkembangan hidupnya. 
Suhu adalah faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Karakteristik penyebab suhu berbeda-beda disuatu tempat :komposisi dan warna tanah, kegemburan dan kadar air tanah, kemiringan lereng.

Kelompok 4  " Lingkungan Biotik Dan Lingkungan Abiotik"
Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. 
Lapisan - lapisan pada atmosfer: Troposfer, Statosfer, Mesofer, Termosfer, Ionosfer, dan Eksofer. 

Universitas Muhammadiyah Malang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar