Selasa, 29 November 2011

REFLEKSI DIRI (part1)

REFLEKSI DIRI  (part1) merupakn hasil yang di dapat dari presentasi kelompok 1 dan kelompok 2. presentasi kali ini di lakukan di tempat yang beda dari biasanya,.. pembelajaran mata kuliah ekologi tumbuhan ini biasanya berlangsung  dalam ruang kelas tapi kali ini di lakukan di luar kelas yaitu di Arbo UMM. dengan kondisi lingkungan yang natural namun metode ini kurang efektif karena tempat yang panas dan konsentrasi yang tidak bisa maksimal. peluang untuk ngegosip pada tetangga sebelah pun lebih banyak (hehehhee). namun dari presentasi kemarin saya dapat mencatat apa-apa yng telah di ungkapkan (meskipun di sambi gosip :D )



Judul presentasi dari Kelompok 1 adalah "PENGERTIAN DASAR DALAM EKOLOGI TUMBUHAN"
kelompok ini mengungkapkan tentang pengertian ekologi awalnya. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari antara interaksi manusia dengan lingkungannya. Sedangkan ekologi tumbuhan merupakan ekologi sebagai ilmu, tanaman sebagai objek. 

Pendekatan Ekologi Tumbuhan tidak akan lepas dari autekologi dan sinekologi, dimana arti autekolgi itu adalah ekologi yang mempelajari suatu spesies organisme atau organisme secara individu yang berinteraksi dengan lingkungannya. Berarti disini bagaimana hubungan spesies tersebut dengan lingkungannya, contohnya mempelajari adaptasi pohon merbau di padang alang-alang. Sedangkan pengertian sinekologi adalah ekologi yang mempelajari kelompok organisme yang tergabung dalam satu kesatuan dan saling berinteraksi dalam daerah tertentu. contohnya mempelajari struktur dan komposisi spesies tumbuhan di hutan rawa, hutan gambut, atau di hutan payau. 

Judul presentasi dari kelompok 2 adalah "TUMBUHAN DALAM LINGKUNGAN"
dari penjelasan kelompok 2 Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.
Lingkungan abiotik adalah salah satu komponen atau faktor dalam lingkungan. Komponen abiotik merupakan segala sesuatu yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, dan air. Sedangkan lingkungan biotik adalah suatu lingkungan yang mempunyai kehidupan, seperti : hewan, dan manusia. 
Faktor pembatas adalah suatu keberhasilan yang bergantung pada oksigen, energy, temperature, tanah, air, dan laingkungan fisika. Faktor pembatas bervariasi dan berbeda untuk setiap tumbuhan maupun hewan dengan nilai ekstrim tertentu, sehingga terjadilah pengelompokan dan perkembangan serta penyebaran organisme tersebut. 

Terjadi diskusi ketika audiens bertanya tentang Strez abiotik adalah?
strez dimana kondisi lingkungan yang dapat mengganggu lingkungan yang lain.Stres merupakan suatu kondisi lingkungan yang dapat memberi pengaruh buruk pada pertumbuhan, reproduksi, dan kelangsungan hidup tumbuhan. Stres lingkungan pada tumbuhan dibagi menjadi dua yaitu stress abiotik dan stress biotic. Stress abiotik terdiri dari kompetisi intra spesies dan antar spesies, infeksi oleh hama dan penyakit yaitu strategi tumbuhan terhadap kelebihan dan kekurangan air, strategi tumbuhan terhadap salinitas, strategi tumbuhan terhadap suhu, strategi tumbuhan terhadap kekurangan oksigen, dan strategi tumbuhan terhadap cahaya. Dan sedangkan stress biotic yaitu strategi tumbuhan terhadap herbivore.

*Itulah resuman yang dapat saya tuliskan. kurangnya konsentari pada diri saya membuat diri saya ini sedikit susah dalam menerima penyampainnya materi. untuk kelompok 1 dan 2 sudah cukup bagus penyampainya menurut saya meski tidak di tampilkan bentuk power poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar