Jumat, 30 September 2011

Ekologi Tumbuhan

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari  hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan sesamanya  dan dengan lingkungannya.
Berdasarkan keilmuan ekologi dibagi menjadi 2, yaitu :
  • Sinetologi : ekologi yang mempelajari  berbagai kelompok organisme  sebagai satu kesatuan yang saling  berinteraksi  antar sesamanya  dan dengan lingkungannya dalam  suatu daerah. Contoh : -   Mempelajari struktur dan komposisi spesies tumbuhan di hutan rawa, hutan gambut, atau di hutan payau, mempelajari pola distribusi binatang liar di hutan alam, hutan wisata, suaka margasatwa, atau di taman nasional.
  • Autekologi : ekologi yang mempelajari suatu jenis organisme yang berinteraksi dengan  1ingkungannya atau ekologi sesuatu jenis atau bagian ekologi yang mempelajari pengaruh sesuatu faktor lingkungan terhadap satu jenis organisme. 
 contoh:Pengaruh   intensitas cahaya
     terhadap  pertumbuhan jenis  Shorea  leprosula. Mempelajari
     hubungan antara pohon Pinus merkusii dengan lingkungannya

Penelitian di bidang Autekologi

Damar mata kucing merupakan resin padat yang dihasilkan oleh tanaman Shorea javanica. Petani damar di Krui memanen getah ini dengan cara membuat lubang (pepat) pada batang pohon. Pada pohon damar yang sehat, semakin besar diameter batang akan semakin banyak pula jumlah pepat yang dibuat pada batang pohon. Akan tetapi jumlah pepat juga sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan pohon. Dengan semakin banyaknya pepat yang terdapat pada batang pohon, maka produksi damar yang dihasilkan diharapkan juga akan semakin meningkat. Bertambahnya dimensi pohon terjadi karena proses pertumbuhan yang terus berlangsung. Pertumbuhan pohon akan berjalan dengan baik apabila kondisi lingkungan hidup pohon tersebut berada dalam kisaran kebutuhannya. Pengaruh faktor-faktor lingkungan dapat bersifat langsung maupun tidak langsung terhadap pertumbuhan dan produksi pohon. Elevasi tanah berpengaruh terhadap keadaan lingkungan tempat tumbuh pohon, terutama suhu, kelembaban, kadar oksigen di udara dan keadaan tanahnya. Keadaan lingkungan tempat tumbuh tersebut selanjutnya secara langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi pohon (Suhendang 1990).
Pengaruh arah lereng (aspek) terhadap tempat tumbuh berkaitan dengan intensitas cahaya matahari yang dapat diterima oleh tanaman. Pada umumnya lereng yang menghadap utara dan timur cenderung memberikan kualitas tempat tumbuh yang lebih baik daripada lereng yang terletak di sebelah selatan dan barat (Suhendang 1990).
Sifat fisik tanah diyakini oleh para ahli lebih penting pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan produktivitas tegakan hutan dibanding sifat kimia dan biologisnya (Soedomo 1984). Ketebalan horizon A memiliki hubungan dengan ruang bagi pertumbuhan akar (Soedomo 1984). Permeabilitas dapat digunakan sebagai petunjuk bagi besar kecilnya ruang tumbuh tanaman (Soedomo 1984).
Tekstur tanah akan mempengaruhi sifat tanah yang lain seperti struktur, porositas, kapasitas memegang air (water holding capacity), kerapatan lindak (bulk density), dan lain-lain (Nyakpa dkk. 1986). Secara umum, pertumbuhan pohon hutan kurang menunjukkan korelasi yang nyata dengan sifat kimia tanah. Karena alasan tersebut, perhatian para peneliti dalam mengkaji hubungan antara sifat kimia tanah dengan pertumbuhan pohon masih sangat kurang. Namun demikian, sifat kimia tanah bukan faktor yang dapat diabaikan dalam menduga korelasi antara tempat tumbuh dengan pertumbuhan dan produksi pohon. Beberapa kajian yang pernah dilakukan menunjukkan adanya korelasi antara sifat-sifat kimia tanah dengan pertumbuhan dan produksi pohon. Beberapa sifat kimia yang telah dikaji dan menunjukkan korelasi yang tinggi terhadap pertumbuhan pohon antara lain kandungan C-organik, kandungan Ntotal, Kapasitas Tukar Kation, kandungan kalsium, kandungan Ca tersedia, kandungan magnesium, kandungan liat pada horizon A dan subsoil, kandungan pasir dan debu pada horizon A dan subsoil, serta reaksi tanah atau pH (Suhendang 1990). 

> Penelitian tersebut termasuk penelitian di bidang autekologi karena tanaman ini dapat terpengaruh oleh faktor-faktor lingkungan yang bersifat langsung maupun tidak langsung terhadap pertumbuhan dan produksi pohon. Elevasi tanah berpengaruh terhadap keadaan lingkungan tempat tumbuh pohon, terutama suhu, kelembaban, kadar oksigen di udara dan keadaan tanahnya. Keadaan lingkungan tempat tumbuh tersebut selanjutnya secara langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi pohon . Selain itu juga ada pengaruh dari sifat kimia tanah. Dengan adanya faktor-faktor tersebut ada interaksi antara tanaman tersebut dengan lingkungan di sebut juga autekologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar